Amandeman UU 1945 Mustahil Dilakukan Saat Ini, Zulkifli Hasan Beberkan Alasannya

- 28 September 2021, 02:45 WIB
Wakil Ketua MPR RI Zulkifli Hasan
Wakil Ketua MPR RI Zulkifli Hasan /Syaiful Amri/Publiktanggamus.com

PUBLIKTANGGAMUS.COM - Isu amandemen 1945 yang digelontorkan sebagian pihak mustahil akan terlaksana pada Pemerintahan Presiden Joko Widodo. Wakil Ketua MPR RI Zulkifli Hasan menyebut situasinya tidak memungkinkan.

Hampir tiga tahun upaya amandemen dilakukan pada eranya. Gerakan yang dilakukan secara masif pun tidak cukup dalam menyederhanakan narasi amandemen tersebut.

”Saya mantan Ketua MPR. Pada saat itu ada amanah dari ketua MPR terdahulu, yang isinya harus ada amandemen terutama pokok-pokok haluan negara. Maka saya ke kampus-kampus, rapat gabungan, hampir tiga tahun dilalui. Maka sepakatlah, yang disebut amandemen terbatas,” ungkap Zulkifli Hasan, Selasa 28 September 2021.

Baca Juga: Zulkifli Hasan: Pilpres Sudah Selesai Sudahi Kopar-Kapir, Tidak Produktif!

Sayangnya, sambung Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) ini, hal itu pun tidak terjadi. Menurut pria asal Lampung ini, dorongan dan semangat yang ada tidak didukung dengan situasi dan kondisi. 

”Itu (amandemen) pun tidak terjadi pada era saya (Ketua MPR). Sekarang ini saya wakilnya (dulu Ketua MPR). Kondisinya pun tidak berubah, tidak ada yang macam-macam. Apalagi ada amandemen tiga periode. Titik pokok-pokoknya cuma haluan Negara. Maka dalam situasi saat ini, dengan waktu yang tersisa, mustahil amandemen itu terjadi,” terang Bang Zul sapaan akrabnya.

Soal wacana Presiden tiga periode, Zulkifli Hasan mengaku sempat menanyakan hal ini ke Presiden Joko Widodo. Pada saat itu dirinya bersama Ketua MPR RI Bambang Soesatyo.

Baca Juga: Bersama Bustami, LaNyalla Terus Gemakan Amandemen ke-5 Konstitusi ke Daerah

”Kami beramai-ramai dengan Mas Bambang menghadap, menanyakan rencana tiga periode tadi. Jawaban Presiden Jokowi jelas, bahkan beliau balik bertanya, kok sedikit-sedikit Presiden. Ini kan urusannya MPR, kok saya terus. Presiden Jokowi menegaskan tidak ada niat, apalagi terpikir untuk tiga periode,” jelasnya.

Halaman:

Editor: Syaiful Amri


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x