TBRC Beberkan Hasil Survei Parpol dan Tokoh Bakal Capres 2024, Hasilnya Mengejutkan

- 6 September 2021, 19:23 WIB
Ilustrasi: Tokoh-tokoh yang masuk dalam radar survei bakal colon Pilpres 2024.
Ilustrasi: Tokoh-tokoh yang masuk dalam radar survei bakal colon Pilpres 2024. /Syaiful Amri/Publiktanggamus.com

PUBLIKTANGGAMUS.COM – Timor Barat Research Center (TBRC) baru saja mengeluarkan hasil hasil survei  yang berisi dinamika persepsi dan pilihan  masyarakat  terhadap parpol dan tokoh-tokoh bakal capres 2024 pasca dua tahun gelaran Pemilu.

Dalam penjelasan yang disampaikan Direktur Eksekutif TBRC Yohanes Romeo S.Psi, survey ini dilakukan sejak 24 Agustus-3 September  2021.

Metodologi yang digunakan menekankan pada teknik penetapan sampel yakni probability sampling dengan cara Multi Stage Random Sampling dengan jumlah responden 1.820 orang.

Baca Juga: Sentil Jokowi, Arief Poyuono Sebut Aroma Fee Vaksin Luar Negeri Belenggu Karya Anak Bangsa

Teknik pengumpulan data survei  dilakukan dengan wawancara melalui sambungan telepon seluler dan Whatsapp Video Call secara langsung di 34  ibu kota Provinsi di Indonesia.

”Di mana  ada sekitar 188,6 juta masyarakat dari total keseluruhan 269,6 juta penduduk Indonesia sudah menggunakan ponsel pintar. Ini artinya, sekitar 70,1 persen penduduk Indonesia menjadikan ponsel sebagai sebuah perangkat primer,” terang Yohanes Romeo, Senin 6 September 2021.   

Dikatakannya, survei lewat telpon dengan mempertimbangkan aspek  metodologis secara seksama adalah cara yang paling  mungkin dilakukan di tengah-tengah upaya warga melakukan social distancing untuk pencegahan pandemic Covid-19.

Baca Juga: Jokowi-Prabowo Harus Ikut Pilpres 2024 Untuk Cegah Pertumpahan Darah

”Dan untuk mendapatkan sampel yang proporsional dari responden  yang memiliki telpon tersebut terhadap karakteristik populasi  nasional dilakukan pembobotan terhadap sampel terpilih,” jelasnya.

Halaman:

Editor: Syaiful Amri


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah