Agenda 2024 Aman Asal Pilpres, Pilkada dan Pemilu Jangan Digabung

- 18 November 2021, 04:35 WIB
Ilustrasi: Kotak Pemilu
Ilustrasi: Kotak Pemilu /Publiktanggamus.com/Syaiful Amri

PUBLIKTANGGAMUS.COM – Tiga agenda besar yakni Pilpres, Pemilhan Umum Legislatif dan Pilkada momen akbar sepanjang sejarah menjadi republik ini. Apa saja yang dilakukan secara serentak pada tahun 2024.

Meski demikian tidak sedikit warga yang berharap tiga agenda itu dilakukan secara terpisah dan sosialisasi dilakukan sejak dini. Agar mampu meningkatkan persentase jumlah pemilih.

”Kalau dilakukan secara serentak, kami khawatir bakal jatuh korban jiwa lagi. Peristiwa Pemilu 2019 menimbulkan banyak korban jiwa bahkan stres. Ini yang harus dihindari,” terang Uyung Abdi warga Kotaagung, Kamis 18 November 2021.

Baca Juga: Mahfud MD Tanggapi Tudingan Agenda Terselubung Pemerintah Dalam Pemilu 2024

Rentang waktu tiga tahun sudah cukup untuk menggelar sosialisasi. Dengan catatan dibarengi pula dengan penggunaan teknologi.

”Anak-anak muda yang menguasai handpone sekarang. Lewat digitalisasi ada peningkatan sosialisasi Pilpres, Pemilu, dan Pilkada digencarkan sejak sekarang,” imbuh Uyung.

Senada disampaikan Yudha Agung Prawira. Remaja lulusan Politeknik Negeri Lampung ini berharap KPU jangan sibuk saat kampenye saja. Tapi ada pendidikan atau edukasi yang disampaikan ke publik.

Baca Juga: Demokrat Bicara Peluang Kandidat Capres, PKP Persoalkan Jadwal Pemilu

”Dari dulu begitu, sosialisasi Pemilu, Pilpres atau Pilkada mepet waktunya. Padahal KPU punya tenggat waktu yang panjang. Berilah kami edukasi yang baik, suksesnya penyelenggaraan sukses pula demokrasi,” tegas Yudha.

Halaman:

Editor: Syaiful Amri


Tags

Terkait

Terkini

x