Di Sidang Parlemen ASEAN, Puan Maharani Singgung Teknologi Digital untuk Kesejahteraan Rakyat

- 23 Agustus 2021, 18:52 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharanidi Sidang Umum ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA) ke-42 yang digelar secara virtual, Senin 23 Agustus 2021.
Ketua DPR RI Puan Maharanidi Sidang Umum ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA) ke-42 yang digelar secara virtual, Senin 23 Agustus 2021. /Publiktanggamus.com/DPR RI

PUBLIKTANGGAMUS.COM - Ketua DPR RI Puan Maharani berbicara mengenai pentingnya kerja sama teknologi digital antar-negara ASEAN. Hal tersebut diperlukan di tengah tantangan global menghadapi pandemi Covid-19 serta upaya mensejahterakan rakyat dalam sisi teknologi. 

“Saat ini, pandemi Covid-19 telah mempercepat penggunaan teknologi digital yang selanjutnya telah mendisrupsi kegiatan di berbagai bidang,” kata Puan dalam Sidang Umum ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA) ke-42 yang digelar secara virtual, Senin 23 Agustus 2021.

Menurut Puan, sebagian kelompok masyarakat beradaptasi lebih cepat di era pandemi yang menuntut banyak perubahan ini. Namun sebagian kelompok lainnya harus berupaya lebih keras untuk beradaptasi, bahkan memerlukan bantuan negara.

Baca Juga: Tegas! PDIP Tolak Presiden Tiga Periode
 
“Dalam kaitan ini, negara-negara anggota ASEAN perlu terus meningkatkan kerjasama dan bertukar informasi guna mengambil manfaat lebih besar dari teknologi digital,” ucapnya.

Ada beberapa bentuk kerja sama di bidang teknologi digital yang dinilai Puan dapat dilakukan oleh negara-negara ASEAN. Kerja sama pertama bisa meliputi peningkatan ketersediaan akses internet yang terjangkau bagi masyarakat.

“Hal ini  juga terkait upaya memperbesar akses internet di daerah terpencil dan pedesaaan, sehingga mengurangi ketimpangan digital (digital divide),” jelas Puan.

Baca Juga: Selain Puan Sosok Ganjar Pranowo Kian Tak Terbendung di Bursa Capres 2024

Perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI itu juga menilai perlu ada kerja sama yang dapat meningkatkan sumber daya manusia (SDM) terkait literasi dan keterampilan untuk mengambil manfaat dari teknologi digital.

Kerja sama ini, kata Puan, termasuk literasi untuk menangkal hoaks dan disinformasi.

Halaman:

Editor: Syaiful Amri


Tags

Terkait

Terkini

x