Ilham Saputra dan Abhan Tergusur, Apakah Ini Imbas Pilkada Kota Bandarlampung 2020?

- 7 Januari 2022, 23:29 WIB
Kepada wartawan Ketua Timsel Juri Ardiantoro menginformasikan hasil seleksi KPU RI dan Bawaslu RI yang selanjutnya surat dikirimkan ke Presiden Jokowi.
Kepada wartawan Ketua Timsel Juri Ardiantoro menginformasikan hasil seleksi KPU RI dan Bawaslu RI yang selanjutnya surat dikirimkan ke Presiden Jokowi. /Kemendagri

PUBLIKTANGGAMUS.COM - Tidak ada nama Ilham Saputra dan Abhan hasil Tim Seleksi (Timsel) Calon Anggota KPU dan Calon Anggota Bawaslu yang dikirim ke Presiden periode 2022-2027.

Ilham Saputra merupakan Ketua KPU RI saat ini, begitu pula dengan Abhan yang masih duduk sebagai Ketua Bawaslu RI.

Padahal dari sederet nama kandidat yang mencalonkan diri sebagai anggota KPU dan Bawaslu RI, Ilham Saputra dan Abham awalnya diprediksi akan masuk dengan mudah.

Baca Juga: Pendaftaran Tes KPU dan Bawaslu Dimulai 24-25 November, Cek Tahapannya

Dengan keputusan yang mengikat dari Timses, secara jelas dua nama tersebut, terpental dari persaingan dan tinggal menunggu masa jabatanya habis.

Seperti diketahui Ilham Saputra dan Abhan adalah sosok yang ditengarai mengetahui cerita di balik keputusan diskualifikasi pasangan calon Walikota-Wakil Walikota Bandarlampung Eva Dwiyana-Deddy Amrullah dalam Pilakada 2020.

Sayangnya upaya diskualifikasi yang awalnya dikeluarkan Bawaslu Lampung dan KPU Bandarlampung gagal terealisasi. 

Ini setelah Mahkamah Agung memerintahkan KPU Kota Bandarlampung untuk menetapkan kembali pasangan calon Eva Dwiana-Deddy Amrullah sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandar Lampung terpilih.

Perintah itu, tertuang dalam putusan permohonan sengketa Pelanggaran Administratif Pemilihan Kepala Daerah Bandarlampung bernomor No. 1 P/PAP/2021 yang diterbitkan pada Jumat 22 Januari 2021.

Seperti diketahui, dalam dokumen itu, Ketua Majelis Hakim, Supandi, telah menetapkan dua putusan. Salah satunya, menolak permohonan intervensi dari Rycko Menoza dan Johan Sulaiman.

Halaman:

Editor: Syaiful Amri


Tags

Terkait

Terkini