Jokowi Akui Daya Beli Masyarakat Menurun, Porang Dibahas di Istana Negara

- 26 Agustus 2021, 03:40 WIB
Presiden Jokwi dan Menko Airlangga dalam peresmian pembukaan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Inflasi 2021 di Istana Negara, Jakarta, pada Rabu, 25 Agustus 2021.
Presiden Jokwi dan Menko Airlangga dalam peresmian pembukaan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Inflasi 2021 di Istana Negara, Jakarta, pada Rabu, 25 Agustus 2021. /Publiktanggamus.com /Setpres/Kris

PUBLIKTANGGAMUS.COM - Presiden Jokowi menyebut perekonomian Indonesia semakin membaik meski dalam keadaan serba ketidakpastian. Sementara sektor pertanian mampu bertahan ditengah hantaman krisis yang terjadi di hampir seluru negara.    

Orang nomor satu di Indonesia ini mengatakan, Pertumbuhan ekonomi mencapai angka 7,07 persen dengan tingkat inflasi terkendali 1,52 persen secara tahunan atau year on year pada kuartal kedua 2021. ”Ini patut disyukuri, namun kita tetap harus waspada,” terang Jokowi.

Mengapa? Presien menyatakan bahwa inflasi yang rendah bukan hal yang menggembirakan. ”Bisa saja ini mengindikasikan turunnya daya beli masyarakat akibat pembatasan aktivitas dan mobilitas,” kata dia, Rabu 26 Agustus 2021.

Baca Juga: PeduliLindungi Berlaku Mulai Sabtu, Ini Syarat Wajib Bepergian

Karena itulah, kepada kepada Tim Pengendalian Inflasi Pusat (TPIP) dan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) saya menekankan beberapa hal untuk menjadi perhatian.

”Di antaranya, saya meminta kepada TPIP dan TPID untuk terus menjaga ketersediaan stok dan stabilitas harga barang, utamanya barang kebutuhan pokok,” pintanya.

Dalam kondisi daya beli masyarakat yang menurun, stabilitas harga barang menjadi hal yang penting. ”Kalau ada hambatan, segera selesaikan di lapangan,” jelas Presiden.

Baca Juga: Terisa PKS dan Demokrat, PAN Perkuat Gotong-Royong dalam Koalisi Pemerintahan Jokowi

Meski di tengah ketidakpastian yang ada Presiden Jokowi menyambut baik sektor pertanian yang mampu bertahan dan menunjukkan pertumbuhan yang positif.

Halaman:

Editor: Syaiful Amri


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah