Pastikan Alat Deteksi Bencana Bekerja, Prioritaskan Operasi Penyelamatan Warga Terdampak Gempa

- 14 Desember 2021, 14:19 WIB
Ketau DPR RI Puan Maharani
Ketau DPR RI Puan Maharani /Dok.DPR RI

PUBLIKTANGGAMUS.COM - Ketua DPR RI Puan Maharani meminta pemerintah untuk siaga dan sigap melakukan tanggap darurat menyusul banyaknya bencana alam yang terjadi belakangan ini.

Mengenai gempa bumi magnitudo 7,4 di Nusa Tenggara Timur (NTT) yang juga turut dirasakan hingga daerah lain, seperti Sulawesi, Puan meminta pemerintah memprioritaskan operasi penyelamatan warga.

“Simpati yang mendalam saya sampaikan kepada masyarakat yang terdampak gempa di NTT hari ini. Saya meminta Pemerintah segera mengerahkan aset nasional dan daerah serta kementerian/lembaga terkait untuk melaksanakan upaya penyelamatan dan tanggap darurat,” kata Puan Maharani, Selasa, 14 Desember 2021.

Baca Juga: Peringatan Dini Tsunami Diakhiri, BMKG: Gempa Susulan Masih Ada, Masyarakat Jauhi Bangunan Rawan

Gempa yang terjadi pagi tadi di NTT dibarengi dengan peringatan dini terjadinya tsunami. Puan menegaskan, Pemerintah harus bisa memastikan keselamatan warga dari dampak akibat gempa.

“Keselamatan rakyat harus berada di atas segalanya, "ucap perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI itu.

Puan juga mengingatkan perlunya penanganan khusus bagi balita, anak-anak, dan masyarakat berkebutuhan khusus. Ditambahkannya, pengerahan tenaga medis untuk memberikan pertolongan kepada korban pun harus menjadi perhatian.

“Masyarakat tidak perlu panik, namun harus tetap waspada terhadap ancaman tsunami dan gempa susulan. Ikuti imbauan dari petugas dan cari tempat perlindungan yang aman untuk memastikan agar diri dan keluarganya dalam kondisi aman,” sebut Puan Maharani.

Baca Juga: BNPB Terus Pantau Wilayah yang Rasakan Guncangan Gempa, BMKG: Peringatan Dini Tsunami Diakhiri

Halaman:

Editor: Syaiful Amri


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x