Website Badan Siber dan Sandi Negara Diretas, Puan: Audit Segera dan Berbenah

- 26 Oktober 2021, 19:51 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani
Ketua DPR RI Puan Maharani /DPR RI

PUBLIKTANGGAMUS.COM - Website resmi Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) diretas. Ketua DPR RI Puan Maharani menyebut, peretasan ini harus menjadi evaluasi bagi BSSN yang diberi tugas khusus oleh pemerintah dalam hal teknis sistem keamanan siber.

Perempuan pertama yang mejabat Ketua DPR ini menegaskan peretasan website BSSN ini adalah isu serius bagi keamanan siber Indonesia. 

Puan meminta BSSN mengaudit secara teknis terkait adanya celah sistem keamanan yang disusupi hacker tersebut, untuk kemudian segera berbenah diri, baik secara teknologi maupun sumber daya manusia.

Baca Juga: Puan Maharani: Pemerintah Harus Jawab Kebingungan Masyarakat Soal PCR!

Setelah berbenah, barulah BBSN bisa melaksanakan tugas keamanan siber. Karena tidak mungkin melindungi keamanan siber pemerintah, kalau belum bisa melindungi diri sendiri.

“Kalau tameng utamanya bisa diretas, saya khawatir website-website pemerintah lainnya yang menyimpan data publik bisa dengan mudah disusupi. Saya sungguh terkejut, BSSN yang menjadi tameng utama keamanan siber Indonesia justru kena retas,” kata Puan, Selasa 26 Oktober 2021.

Menurut Puan, BSSN sebagai badan resmi pemerintah yang diberi kewenangan untuk keamanan siber bisa bekerja lebih optimal lagi dengan sumber daya yang ada.

Baca Juga: Juara Thomas Cup Indonesia Tak Bisa Kibarkan Bendera, Puan Maharani: Merah Putih Berkibar di Dada

“BSSN yang diberi kewenangan, sumber daya, dan juga anggaran, tidak boleh kalah oleh hacker yang tidak bertanggung jawab di luar sana,” pungkas Puan.

Halaman:

Editor: Syaiful Amri


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah